//
you're reading...
BUDAYA

IN THE NAME OF ISMET

Pameran Tunggal

Matdon – Sinar Harapan Nopember 2006

 ismet

Ismet Zainal Effendi, pelukis asal Bandung yang dikenal publik seni rupa Indonesia dengan obyek lukisan yang “Seram” dan “Hitam”, menggelar pameran tunggalnya di Pusat Kebudayaan Prancis (CCF) de Bandung, 13 – 18 Nopember 2006, dengan tajuk “In The Name Of Goth”.

Gaya Gothik dalam lukisan Ismet seolah-olah sebuah pemberontakan terhadap Tuhan, ia yang dosen seni rupa sebuah perguruan tinggi Swsata di Bandung, seperti terus tengah mencari identitas di belantara kesenian, untuk merebut hati apresiatorkah?, bisa jadi,  lantaran sejak pameran tunggalnya ia gelar tahun 1987,  tidak ada yang berubah, kecuali terus membrontak eksistensi Tuhan, memainkan ikon-ikon religius yang sakral bahkan mengartikulasikan kecenderungan setan. Itulah sebabnya ia tidak terlalu dilirik banyak pengamat seni rupa.

Lihat saja pada lukisan dengan judul God Of Baphomet, ia menulis  wajah kambing bersayap duduk di singgasana, pada karya laina ia menggambarkan Yesus disalib diantara tiga tengkorak, atau pada sejumlah lukisan lainnya yang nyaris sama. Namun jika memang ia tengah menunjukan identitasnya dan tetap konsisten mempertahankanya, maka – mungkin itulah yang patut dihargai darianya,  sebuah konsisten yang tidak buruk dengan lukisan seram dan selalu berwajah buruk.

Karya-karya Gothik lulusan seni rupa ITB ini, menyuguhkan teror yang mengerikan dan horor yang menakutkan, namun Ismet mengemasnya menjadi kengerian yang boleh jadi nikmat dan indah (?).

Sebagai apresiator, jika menilhat lukisannya tentu butuh pikiran positif, entah pikiran positif apa, barangkali pikiran bahwa keilahian itu selalau berdampingan dengan keiblisan?, atau Ismet tidak berniat merusak ikon ikon kudus religi namun lantaran kebebasan berkespresi dia yang sangat mengembara dan liar.

Namun yang pasti, pameran ini menjadi pameran yang berbeda dari pameran pelukis lainnya di Bandung sepanjang tahun 206. Coba saja anda datang!!.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: