//
you're reading...
BUDAYA

DETTY KURNIA

DETTY “MAWAR BODAS” KURNIA

MENINGGAL DUNIA

Matdon – Sinar Harapan 23 April 2010

detty 

Penyanyi pop sunda, Detty Kurnia, konsisten menyanyikan lagu daerah sunda, namun namanya  menasional bahkan internasional, orang Jepang di negara Jepang sangat menyukai suara emas Detty Kurnia.

Selasa pagi kemarin (20 April 2010), pemilik suara melengking namun lembut itu menghembuskan napas terakhirnya, sesaat dilarikan ke RS. Hasan sadikin Bandung.  Anak kedua dari tiga bersaudara ini wafat di usia  48 tahun.

Empat tahun terakhir Detty Kurnia memang menderita kanker payudara, bahkan pada tahun 2008 sempat dioperasi, namun kanker  itu menjalar ke organ tubuh yang lain. Menurut keterangan Alfian, adik kandungnya, selasa kemarin rasa sakit itu kembali menjalar, sebenarnya Detty menolak dibawa ke rumah sakit, namun keluarganya tetap melarikannya ke rumah sakit.

Di tengah perjalanan, sekitar pukul 8 pagi, Detty menghembuskan napas terakhirnya.

 

Detty Kurnia memulai karier sejak tahun 1985, banyak mengeluarkan album pop sunda, namanya lebih dulu muncul ketimbang pop sunda seperti Ning Meida AS.  Bahkan pada tahun 2009 lalu, dalam suasana sakit Detty masih mengeluarkan album baru berjudul “Tapak Cinta”.


Budayawan/pencipta lagu Nano S saat berada di rumah duka di Jl. Kiaracondong Gang Mesjid Rt 04 RW 05 Batununggal Bandung mengatakan, Detty Kurnia populer di Jepang. Detty memang bisa menyanyikan lagu Jepang dengan baik.


semasa jayanya pada tahun 80-90 an, Detty sering berduet dengan seniman Darso, dan keliling dunia sebagai duta budaya dari tanah air, seperti Missi Expo 70 ke Osaka dan Tokyo Jepang tahun 1990 an. Lagu-lagu yang sangat terkenal di tatar sunda anara lain “Mawar Bodas” dan “Maribaya”.

 

Nano dan  beberapa seniman Jawa Barat lainnya mengaku sangat kehilangan sosok Detty, si pemilik wajah cantik, yang juga pandai memainkan alat  music calung dan degung ini

Detty Kurnia, dilahirkan di Bandung 15 Agustus 1961, meninggalkan satu orang putri berusia 17 tahun bernama Ratna Kania. Jasad almarhumah dimakamkan di pemakaman keluarga, tidak jauh dari rumahnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: